Masih Berantakan Menilik Gedung yang Bakal Jadi Markas Demokrat Kubu Moeldoko di Jalan Pemuda

Masih Berantakan Menilik Gedung yang Bakal Jadi Markas Demokrat Kubu Moeldoko di Jalan Pemuda

Gedung empat lantai yang berada di Jalan Pemuda Nomor 712, Rawamangun, Jakarta Timur, rencananya akan dijadikan markas Partai Demokrat kubu Moeldoko. Tampak puing puing kayu, tripleks, sejumlah besi panjang hingga satu buah meja kerja tergeletak di halaman gedung tersebut. Puing puing kayu dan tripleks yang tergeletak tersebut terlihat sudah keropos.

Besi besi juga sudah berkarat dan warna catnya sudah luntur. Di bagian dalam gedung plafon masih belum terpasang dengan kabel kabel yang menjuntai ke bawah. Aktivitas renovasi gedung berakhir sekira pukul 17.00 WIB.

Para pekerja bangunan terlihat melepas lelah dengan bersantai di sebuah warung kelontong yang berada di halaman gedung, bercengkrama sembari minum kopi. Gedung empat lantai yang berdiri di sebelah kantor jasa pengiriman barang itu didominasi warna biru tua dan biru muda. Saat memasuki kawasan gedung, orang akan langsung melihat stiker Partai Demokrat terpampang di kaca pos keamanan yang berada di sebelah kiri.

Warna cat pada dinding pos keamanan tersebut telah luntur, demikian juga warna cat pada gedung empat lantai tersebut. Sejumlah jendela yang berada di lantai dua, tiga, dan empat gedung, dibiarkan terbuka. Tidak ada tanda lain yang menunjukkan bahwa lokasi ini merupakan kantor DPP Partai Demokrat selain logo partai pada pos keamanan.

Gedung empat lantai bernomor 712 di Jalan Pemuda ini merupakan kantor Dewan Perwakilan Pusat (DPP) lama Partai Demokrat, sebelum partai tersebut berkantor di Jalan Proklamasi Nomor 41, Jakarta Pusat. Belakangan gedung empat lantai ini kembali marak diperbincangkan usai Partai Demokrat kubu Moeldoko dan Jhoni Allen Marbun Cs menetapkan lokasi ini sebagai kantor DPP. Sebelumnya, politikus Demokrat kubu KLB Deli Serdang Darmizal memastikan akan memakai Kantor DPP Partai Demokrat berada di Jalan Pemuda Nomor 712 Rawamangun, Jakarta Timur.

Darmizal menjelaskan tempat tersebut merupakan tempat bersejarah bagi Partai Demokrat. "Di mana dari tempat itulah SBY diantarkan selama dua periode menjadi Presiden Republik Indonesia selama dua periode. Tempat itu dipinjamkan oleh Bapak Jhoni Allen Marbun, yang hari ini menjadi Sekretaris Jenderal Partai Demokrat (kubu KLB Deli Serdang)," kata Darmizal. Proses renovasi gedung tersebut diketahui sudah dimulai sejak hari Minggu pekan lalu, tepatnya 7 Maret 2021.

Ditargetkan renovasi akan rampung dalam satu bulan ke depan. "Renovasinya satu bulan sih ini," kata pekerja renovasi tersebut. Gedung empat lantai ini telah lama tidak digunakan. Menurut penuturan pekerja bangunan di lokasi, gedung empat lantai ini sudah tidak digunakan sejak 2017.

"Gedungnya sudah engga dipakai sejak empat tahun lalu, ini direnovai karena mau dipakai lagi," katanya. Kendati melakukan renovasi, tidak semua pekerja bangunan tahu bahwa gedung empat lantai di Jalan Pemuda ini akan dijadikan kantor DPP Partai Demokrat oleh Jhoni Allen. "Saya tidak tahu kalau ini mau dijadiin kantor partai, kita hanya disuruh renovasi. Kebanyakan dari kita cuma nggarap (melakukan renovasi) saja," ucap pekerja bangunan tersebut.

Selain itu, desain gedung empat lantai tersebut sampai saat ini belum boleh diperlihatkan kepada awak media. "Kalau desainnya engga boleh lihat mas, engga boleh diperlihatkan ke media sekarang," ujar pekerja tersebut. Senada dengan pekerja tersebut, Bambang, pedagang kelontong yang berada di halaman gedung, mengaku tidak tahu menahu wacana penggunaan gedung empat lantai tersebut sebagai kantor DPP Partai Demokrat.

Yang dia ketahui, bahwa gedung tersebut akan dijadikan kafe.

Leave a Reply

Your email address will not be published.