Luhut & Menteri Luar Negeri Tiongkok Akan menuju Toba pada 12 Januari 2021 Sandiaga

Luhut & Menteri Luar Negeri Tiongkok Akan menuju Toba pada 12 Januari 2021 Sandiaga

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akan ke Toba, Sumatera Utara bersama Menteri Luar Negeri China pada 12 Januari 2021. Hal itu diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno usai bertemu Luhut di Bali, Minggu (27/12/2020). "Pak Luhut sendiri akan ke Toba bersama Menteri Luar Negeri Tiongkok Tanggal 12 Januari. Karena itu kunjungan saya pada 30 Desember 2020 juga akan menyiapkan kunjungan beliau," kata Sandiaga.

Kunjungan Luhut dan Menlu China tersebut terkait dengan pengembangan destinasi super prioritas. China dikabarkan akan berinvestasi dalam pengembangan destinasi tersebut. Danau Toba merupakan satu dari lima destinasi prioritas yang ditetapkan pemerintah.

Selain Toba, ada Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. Sandiaga mengatakan pihaknya akan memastikan kesiapan destinasi super prioritas. Bukan hanya infrastrukturnya melainkan juga aspek ekonomi kreatifnya.

"Seluruh aspek dari penyediaan fasilitas maupun atraksi budaya tarian, penginapannya, toilet, maupun seluruh penyiapan dari tujuan wisata, termasuk juga ekonomi kreatif, yaitu kuliner fashion dan kerajiannya," katanya. Kementerian Pariwisata menurut Sandiaga juga akan memastikan calendar of event di setiap destinasi super prioritas tertata dengan baik. Selain itu, pembangunan infrastruktur juga akan dipercepat untuk memulihkan sektor Pariwisata.

"Misalnya Likupang Sulut, juga diharapkan nanti ada satu gerak yang lebih cepat untuk menangkap setelah Pandemi ini wisatawan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara terutama pasar yang sangat cocok di Sulut adalah pasar dari Tiongkok," katanya. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengucapkan selamat bekerja kepada Sandiaga Uno yang baru dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Hal itu disampaikan Luhut saat bertemu Sandiaga di Bali, Minggu, (27/12/2020).

Luhut yakin Sandiaga akan mampu mengemban tugas di Kemenparekraf. Terutama dalam memulihkan sektor pariwisata yang anjlok akibat Pandemi Covid 19. "Saya kira dia bisa bikin prestasi yang bagus di Kemenparekraf," kata Luhut.

Sebelumnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertemu dengan Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam agenda kerjanya di Bali, Minggu (27/12/2020). Dalam pertemuan tersebut Sandiaga mengaku mendapatkan sejumlah arahan dari Luhut dalam program kerjanya di Kemenpar. Pertama menurut Sandiaga, Luhut memintanya untuk langusng bekerja mensolidkan tim yang bekerja membangkitkan sektor pariwisata di tengah Pandemi Covid 19.

"Memastikan tim yang sekarang betul betul berjuang mengatasi Covid 19, membangkitkan pariwisata, membuka lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif ini adalah tim yang solid dan tim yang memiliki komitmen yang sama," kata Sandiaga kepada wartawan, Minggu, (27/12/2020). Selain itu, Luhut juga meminta Sandiaga untuk fokus pada lima destinasi super prioritas yang telah ditetapkan pemerintah yakni Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. Menurut Sandiaga Luhut meminta agar kesiapan lima destinasi wisata tersebut diutamakan.

"Bukan hanya infrastrukturnya, tapi seluruh aspek dari penyediaan fasilitas maupun atraksi budaya tarian, penginapannya, toilet, maupun seluruh penyiapan dari tujuan wisata, termasuk juga ekonomi kreatif, yaitu kuliner fashion dan kerajiannya," katanya. Menurut Sandiaga dalam memulihkan sektor pariwisata harus dilakukan dengan kolaborasi. Target Kementerian Pariwisata yakni mendorong wisatwan domestik yakni 55 juta kelas menengah. "Karena itu semuanya dipersiapkan misalnya aspek keberlanjutannya bagaimana misalnya masalah sampah dan lain lain agar bisa menjadi energi terbarukan," ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.