5 Cara Mengajarkan Anak Membaca Tanpa Mengeja

5 Cara Mengajarkan Anak Membaca Tanpa Mengeja

Mempunyai peranan sebagai orang tua dan juga guru pertama, Anda tentunya mempunyai kewajiban untuk mendidik anak hingga tumbuh cerdas dan pintar. Salah satunya untuk mengajarkan membaca kepada di kecil. Meski terbilang sulit, sebenarnya ada langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk cara mengajarkan anak membaca. Adapun langkah-langkah mudah tersebut sebagai berikut.

1. Kenalkan Huruf dengan Cara Menyenangkan

Jika anak Anda sama sekali tidak mengenal huruf atau kurang menguasai, langkah pertama dalam mengajari anak Anda adalah memperkenalkan dengan huruf alfabet dari A hingga Z. Buat si kecil mengingat ini ketika ia menemukan salah satu bentuk huruf A sampai Z. Pastikan juga anak Anda dapat mengucapkan huruf dengan benar.

2. Ajarkan Anak untuk Menghafal Suku Kata

Kemudian, jika anak Anda sudah menguasai dan mengenali huruf-hurufnya, minta mereka untuk mengingat suku kata. Biarkan anak Anda mengingat suku kata dari konsonan B sampai Z, diikuti dengan vokal, seperti a, i, u, e, o.

Sebagai contoh: ta, ti, tu, te, to atau da, di, du, de, do. Biarkan si kecil mengingat dan terbiasa dengan suku kata tersebut. Meski masih belajar menghafal dan belum bisa membaca, atau setidaknya belum bisa dikatakan anak bisa membaca. Kemudian lanjut ke tahap berikutnya.

3. Ajak Anak Membaca Suku Kata Bervariasi

Langkah selanjutnya adalah menemukan kata-kata yang mengandung suku kata berbeda untuk mendorong anak-anak untuk membacanya dan memperkenalkannya. Misalnya seperti ba-ju, i-bu, ba-ca, muka, dan suku kata bervariasi lainnya. Jangan berikan anak Anda suku kata yang berakhiran konsonan atau huruf mati pada tahap ini.

Tujuannya agar mereka menguasai tahap ini terlebih dahulu. Jika anak Anda masih kesulitan memahaminya, cobalah mempelajarinya terlebih dahulu sampai Anda terbiasa dan memahami suku kata tersebut.

4. Ajarkan Anak Huruf Mati

Jika langkah-langkah sebelumnya sudah dikuasai oleh si kecil, kini saatnya Anda mengajari anak Anda tentang konsonan. Anda dapat melakukan pengajaran huruf konsonan dengan terlebih dahulu memperkenalkan konsonan seperti “ng”, “ny”, dan konsonan lain yang dijadikan huruf mati.

5. Latih Anak Membaca utuh

Mungkin sulit bagi anak-anak untuk tidak mengeja pada awalnya, jadi mereka harus mengeja terlebih dahulu. Nah, peran Anda disini harus aktif melatih si kecil untuk membaca cepat tanpa mengeja. Seiring dengan berjalannya waktu, Anda juga harus mencari metode baru yang paling cocok untuk anak Anda, jika cara di atas sulit untuk dipahami si kecil.

Nah itu dia lima langkah mudah cara mengajarkan anak membaca tanpa harus mengeja terlebih dahulu. Selain menerapkan kelima langkah di atas, Anda juga harus membuat proses belajar yang lebih menyenangkan. Dengan begitu, si kecil akan menantikan momen belajar membaca tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.